Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Cuti Lebaran, Dispendukcapil Tetap Buka Pelayanan

Lumajang, Motim - Memasuki masa cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Lumajang tidak libur. Tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mengingat banyak masyarakat yang masih mengurus dokumen kependudukan jelang lebaran.

Pelayanan di Kantor Dispendukcapil
Pelayanan di Kantor Dispendukcapil
Dispendukcapil tetap membuka pelayanan pada 11-14 Juni 2018. Kemudian libur selama tiga hari pada 15-17 Juni. Dan buka kembali pada 18-20 Juni. “Karena (Jumat) Sholat Ied jadi tidak memungkinkan. Sabtu juga masyarakat masih menikmati lebaran. Minggu kita libur,” kata Kepala Dispendukcapil, Taufik Hidayat, SH, M.Hum, Senin (11/6).

Namun untuk jam operasional berkurang dibandingkan dengan hari normal biasanya. Yakni hanya dibuka selama tiga jam. Tepatnya pada pukul 08.00-11.00 WIB. “Semua pelayanan kita buka. Tapi pokoknya adalah pelayanan KTP dan KK. Namun kalau ada akta dan sebagainya tetap kita terima dan proses,” ujarnya pada Memo Timur.

Taufik menegaskan, pelayanan tetap dibuka, mengingat kemungkinan ada banyak masyarakat yang sebelumnya berada di luar daerah sudah ada di Lumajang. Mereka sebelumnya belum sempat mengurus dokumen kependudukan, bisa mengurus saat ini.

“Karena banyak warga kita di luar kota yang kerja, kuliah, atau mondok sekarang banyak pulang ke Lumajang. Mereka ada yang belum punya KTP, sehingga kita buka pelayanan di musim mudik ini,” ucap Taufik.

Alasan lainnya, adalah masih ada warga yang memiliki hak pilih tetapi belum perekaman E-KTP. “Maka dari itu kita beri kesempatan di sisa waktu ini agar mengurus administrasi kependudukan,” lanjutnya.

Dengan dibuka layanan pada masa cuti bersama ini, artinya pegawai Dispendukcapil yang bertugas tidak bisa libur. Namun tenaga mereka akan diganti dengan uang lembur. “Libur mereka juga akan kita ganti di luar cuti bersama,” pungkas Taufik. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: