Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Pemanfaatan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) di Lumajang sempat mendapat sorotan dari Menteri Pertanian, Amran Sulaiman. Saat berkunjung ke Lumajang, Ia menilai bantuan dari pusat ini masih belum optimal dan tidak tepat sasaran.

Salah satu bantuan alsintan dari pusat di Lumajang
Salah satu bantuan alsintan dari pusat di Lumajang
Menanggapi sorotan ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian Lumajang akan lebih mengoptimalkan bantuan alsintan yang sudah diterima para kelompok tani. Caranya dengan melakukan evaluasi lebih dulu dan melakukan pengecekan di lapangan seperti apa.

“Akan kita tata lagi, kita coba melangkah sesuai apa yang diharapkan dari kementerian. Kita ikuti petunjuk dari pusat,” kata Kepala Dinas Pertanian, Ir. Imam Suryadi, M.Si pada Memo Timur.

Sebelumnya, Amran Sulaiman yang telah berdialog dengan kelompok tani, menemukan jika ada bantuan alsintan yang jarang dioperasikan. Serta biaya sewa yang dipasang oleh kelompok tani dinilai mahal olehnya.

Imam Suryadi menegaskan, pihaknya tidak bisa serta merta kemudian memindahkan bantuan alsintan dari salah satu kelompok tani ke lainnya yang dinilai tidak tepat sasaran. “Tidak bisa langsung kita alihkan. Selama masih bisa dibrigadekan, bisa mobile, bisa dipakai antar kelompok tani,” kata Imam.

Karena pada dasarnya, bantuan ini untuk dipakai bersama. Bukan hanya milik satu kelompok tani saja. Sehingga alsintan akan sering dioperasikan. “Jika ada kelompok tani atau desa lainnya yang membutuhkan, bisa dibantukan. Bukan karena beda kelompok kemudian tidak boleh,” ujarnya.

Sementara terkait biaya sewa, pihaknya masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut untuk mematok harga. Sebelumnya harga yang dipasang oleh kelompok tani adalah Rp 800 ribu per hektare sama dengan pada umumnya.

“Kita akan mengitung biaya jasa operator, bahan bakar, perawatan, serta untuk simpanan kas kelompok tani,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: