Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Memasuki Masa Tenang, APK Harus Bersih

Lumajang, Motim - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 sudah memasuki masa tenang. Tidak boleh ada kampanye maupun Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang. Per 24 Juni 2018, sudah harus bersih di semua penjuru wilayah Lumajang. Baik itu APK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang maupun Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Pembersihan APK di masa tenang
Pembersihan APK di masa tenang
Laporan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, Minggu dini hari semua APK sudah diturunkan secara serentak. Diantaranya dengan melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), serta Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Untuk Panwaslu, Dishub, dan Satpol PP membantu membersihkan baliho. PPK membersihkan umbul-umbul di masing kecamatan, PPS membersihkan spanduk di masing-masing desa,” kata Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang, Muhammad Ridhol Mujib.

Ia menjelaskan, pada prinsipnya di masa tenang ini, segala bentuk giat kampanye sudah dilarang. Termasuk untuk larangan pemasangan APK. Bahkan ada sanksi tegas menunggu para paslon jika tetap nekat melanggar aturan tersebut. Sanksinya sangat berat. “Sanksinya berupa pidana Pemilu,” ujar Ridhol Mujib.

KPU sendiri sudah menyampaikan himbauan tentang hal ini kepada semua pihak paslon. Termasuk himbauan untuk pelepasan atribut di posko relawan atau pemenangan paslon. “Untuk di posko juga kita minta untuk diberisihkan,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: