Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Paslon Satu Raup Kemenangan 42,52 Persen Suara

Lumajang, Motim - Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) Lumajang telah usai digelar, Rabu (27/6). Masyarakat sudah menyampaikan hak pilihnya. Namun ada juga diantaranya yang lebih memilih untuk tidak memilih alias golongan putih (golput).

Hasil penghitungan suara versi pasangan calon satu
Hasil penghitungan suara versi pasangan calon satu
Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang belum mengumumkan secara resmi siapa pemenang dalam Pilkada tahun ini, namun tiap pasangan calon (paslon) sudah memiliki versi hasil penghitungan sendiri.

Beberapa jam setelah waktu pemungutan suara ditutup, hasil hitung cepat sudah banyak beredar. Baik itu dari pesan singkat berantai maupun yang tersebar di media sosial. Kemudian disusul dengan hasil penghitungan total, yang dapat diketahui masyarakat.

Dari hasil penghitungan versi pasangan calon (paslon) satu Thoriqul Haq – Indah Amperawati, mereka sudah mengklaim kemenangan. Mereka unggul dari dua paslon lainnya, As’at Malik – Thoriq dan Rofik – Nurul Huda.

Hasilnya, paslon satu berhasil unggul dengan meraup 42,52 persen atau 242.330 suara, kemudian disusul oleh paslon dua dengan 34,69 persen atau 197.726 suara, dan di bawahnya ada paslon tiga dengan perolehan 22,79 persen atau 129.866 suara.

Dengan hasil ini, sontak membuat kubu paslon satu langsung merayakan kemenangan pada malam itu juga. Pesta kembang api terdengar di berbagai titik. Serta dirayakan pula di posko pemenengan dan rumah pribadi Thoriqul Haq, di Kecamatan Kunir.

Thoriq – Indah lebih dulu mendatangi posko pemenangan untuk merayakan kemengan bersama dengan para relawan dan juga masyarakat yang sudah ramai dan menunggu di sana. Ucapan selamat membanjiri keduanya.

Keduanya menyatakan terimakasih banyak kepada semua pihak yang ada. Baik itu para relawan maupun masyarakat Lumajang secara keseluruhan yang telah berpartisipasi untuk kemenangannya.

“Terimakasih banyak ini kemenangan Rakyat Lumajang. Termakasih pada relawan dan semuanya. Saya dan Cak Thoriq berjanji akan membenahi Lumajang,” kata Wakil Bupati Palson Satu, Indah Amperawati.

Sementara itu, di tempat terpisah, paslon dua As’at Malik dan H. Thoriq yang berada di rumah dinas bupati, juga mengeluarkan hasil perhitungan yang tidak jauh beda. As’at menyatakan malam itu dari data yang masuk, perolehan suara paslon dua berada di posisi kedua atau terpaut sekitar 40 ribu suara dari paslon satu.

Namun dengan hasil ini, As’at Malik tidak terlalu menampakkan kekecewaan malam itu. Ia juga meminta agar para relawan maupun orang-orang yang mendukung dirinya untuk menerima hasil ini serta tidak melakukan reaksi yang berlebihan.

“Kita semua tahu sudah berusaha, tapi ini hasilnya,” kata As’at.

Kemudian secara terpisah pula, Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawaiyah menyampaikan, pihaknya tidak mengeluarkan hasil hitung cepat ataupun hasil hitung keseluruhan pada 27 Juni. Karena KPU baru akan melakukan rekapitulasi suara pada 4-6 Juli mendatang. Bahkan juga tidak ada lembaga yang terdaftar secara resmi di KPU yang akan melakukan penghitungan cepat di Pilkada Lumajang.

“Kita tidak mengeluarkan quick count, kita hanya mengeluarkan real qount nanti,” ujar Mudawiyah pada sejumlah wartawan. Selanjutnya KPU akan menetapkan secara resmi siapa pemenang Pilkada Lumajang pada 7 Juli mendatang. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: