Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Perekaman E-KTP untuk DPTb Tinggal 30 Persen

Lumajang, Motim - Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Lumajang untuk memperjuangkan warga yang memiliki hak suara tetapi belum mengantongi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) nampaknya terlihat maksimal. Pasalnya dari 3 ribu lebih warga yang belum perekaman, sudah tersisa 30 pensen.

Petugas perekaman E-KTP dari Dispendukcapil mendatangi langsung warga
Petugas perekaman E-KTP dari Dispendukcapil mendatangi langsung warga
“Kemungkinan sudah sekitar 70 persen yang sudah perekaman,” kata Kepala Dispendukcapil Lumajang, Ahmad Taufik Hidayat, SH, M.Hum pada Memo Timur.

Saat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang ditemukan ada 3 ribu lebih Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak valid. Karena belum perekaman E-KTP. Sehingga warga tersebut harus secepatnya melakukan perekaman sebelum Pilkada untuk diikutkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Upaya maksimal dilakukan oleh Dispendukcapil dengan melaksanakan perekaman langsung dari desa ke desa. Ada empat tim yang diterjunkan untuk bertugas setiap harinya. Bahkan Kantor Dispenduk sudah mulai buka pelayanan selama enam hari kerja.

Sedangkan sisa warga yang belum perekaman adalah karena pihak kecamatan yang belum menjadwalkan. “Belum semua kecamatan menjadwalkan. Untuk itu kita instruksikan agar kecamatan menjadwalkan itu,” tegasnya.

Agar cepat diketahui mana warga yang belum perekaman, pihak kecamatan dan desa diminta untuk bekerjasama dengan Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS). Karena data nama dan alamat ada pada mereka.

Seperti diketahui, salah satu syarat untuk dapat menyampaikan hak suara pada 27 Juni 2018 nanti adalah harus memiliki E-KTP. Atau minimal sudah melakukan perekaman yang dibuktikan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dispendukcapil.

“Yang penting sudah perekaman, karena dari perekaman dapat Suket. Dan bisa digunakan untuk menyampaikan hak suara nanti,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: