Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Antisipasi Abu Vulakanik Gunung Agung, BPBD Bagikan 1.300 Masker

Lumajang, Motim - Abu vulkanik dampak erupsi Gunung Agung di Bali terpantau mengarah ke barat. Pantauan terakhir sudah sampai di Kabupaten Jember. Untuk mengantisipasi guyuran abu hingga ke Lumajang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang sudah membagikan masker kepada warga masyarakat.

Pembagian masker oleh BPBD bersama dengan TNI
Pembagian masker oleh BPBD bersama dengan TNI
Informasi dari BPBD, ada 1.300 masker yang sudah dibagikan kepada warga yang berada di kecamatan perbatasan Jember-Lumajang. Diantaranya Kecamatan Jatiroto, Randuagung, Yosowilangun, dan juga Rowokangkung. Pembagian masker sudah dilakukan selama dua hari oleh personil BPBD dan melibatkan TNI, Selasa dan Rabu 3-4 Juli 2018.

“Memang tidak semua warga dapat. Kita berikan kepada pengendara dan juga sebagian warga yang tinggal di sana,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur, Rabu (4/7).

Selain membagikan masker, personil BPBD juga melakukan sosialisasi pada masyarakat sekitar terkait informasi erupsi Gunung Agung. Sekaligus memantau lokasi, apakah sudah terdampak langsung abu vulkanik.

“Sejauh ini abu belum sampai ke wilayah Lumajang. Kita bagikan masker, untuk antisipasi jika nanti abu sudah sampai di sana, masyarakat tinggal memakai,” lanjut Wawan.

Sementara ini hanya empat kecamatan perbatasan tersebut yang diantisipasi. Karena abu juga hanya mengguyur sebagain wilayah Jember, belum sampai ke perbatasan. “Untuk wilayah kota dan lainnya, sementara masih aman. Kita fokuskan di perbatasan dulu,” ungkap dia.

Dengan erupsinya Gunung Agung, Wawan menyebut dari pantauan sementara masih belum ada dampak juga pada Gunung Semeru. “Namun kami akan melakukan pantauan kembali,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: