Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Atlet balap sepeda asal Lumajang, Zaenal Fanani gagal tampil di Asian Games mendatang. Peraih emas dalam PON 2016 itu, awalnya sudah terdaftar dalam kontingen Indonesia. Namun, kemudian Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB. ISSI) menggantinya dengan atlet lain.

Atlet balap sepeda asal Lumajang, Zaenal Fanani
Atlet balap sepeda asal Lumajang, Zaenal Fanani
Mendengar kabar ini, Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag secara resmi menyurati Komite Olimpiade Indonesi (KOI), agar tetap mempertahankan Fanani untuk tampil membawa nama Indonesia.

Dalam surat PB. ISSI kepada KOI yang banyak beredar, Fanani semestinya akan berjuang di kategori MTB Cross Country. Namun impiannya untuk mengharumkan nama bangsa itu harus pupus sebelum berlaga.

Bupati As’at sudah melayangkan surat resmi kepada Ketua Umum KOI, Erick Thohir. Intinya Pemkab Lumajang berharap agar KOI mempertahankan Zaenal Fanani untuk tampil di Asian Games.

Salah satu alasannya, karena yang bersangkutan adalah salah satu atlet kebanggan Lumajang. “Sehingga dapat memacu atlet-atlet lainnya untuk terus berlatih agar dapat berprestasi di bidang masing-masing,” kata As’at.

Di kesempatan lain, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lumajang, H. Ngateman saat dikonfirmasi, membenarkan gagalnya Fanani tampil di Asian Games. Namun pihaknya belum mengetahui sejauh mana keputusannya saat ini. Karena dalam surat tersebut isinya masih pengajuan dari PB. ISSI kepada KOI.

Selain itu KONI Lumajang juga tidak memiliki wewenang dan kemampuan untuk melakukan upaya agar bisa mempertahankan Fanani dalam kontingen Indonesia. Baik itu kepada KONI pusat maupun PB. ISSI.

Namun Ngateman sangat menyayangkan dengan adanya informasi ini. “Sangat saya sayangkan, untuk dicoret. Karena dia asli dari Lumajang dan juga sudah membela kontingen Jatim dalam PON lalu,” katanya pada Memo Timur.

Ngateman juga tidak tahu secara pasti apa alasan Fanani kemudian harus digantikan dengan atlet lain. Selama ini Fanani juga sudah mengikuti Pelatnas. “Apakah kemampuan Fanani ini lebih rendah dari penggantinya. Saya tidak tahu apa parameternya dan penyebabnya. Itu dinamika di sana. Saya tetap berharap dia bisa membela Indonesia,” jelasnya.

Selain Fanani, ada satu lagi atlet dari Lumajang yang kemungkinan besar bisa tampil dalam Asian Games. Yakni Syaiful Rizal yang tergabung dalam cabang olahraga Sepak Takraw. “Kalau atlet ada dua ini di Pelatnas. Namun ada juga sejumlah pelatih yang juga ikut di sana,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: