Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak secara resmi berhasil unggul dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim di wilayah Kabupaten Lumajang. Paslon nomor urut satu itu berhasil unggul dengan selisih 31.223 suara dari paslon nomor urut dua, Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno.

Pleno Rekapitulasi Suara di Lumajang
Pleno Rekapitulasi Suara di Lumajang
Hasil ini juga tidak jauh berbeda dengan penghitungan suara cepat yang sudah beredar di hari pemungutan suara, Rabu (27/6). Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang secara resmi menetapkan hasil ini melalui Rapat Pleno Terbuka yang digelar di Hotel Prima, Kamis (5/7).

Dari hasil pleno tersebut, Khofifah memperoleh 302.072 suara. Sedangkan Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul memperoleh 270.849 suara. Sementara untuk suara tidak sah mencapai 33.334. Dengan total suara sah dan tidak sah sebanyak 606.255.

Saat proses rekapitulasi suara hasil penghitungan, secara umum untuk Pilgub berjalan dengan lancar. Meskipun ada sedikit diwarnai aksi protes dari para saksi dari paslon yang hadir. Seperti ada amplop rekapitulasi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tidak tersegel. Namun hal itu tidak menjadi kendala proses rekapitulasi.

Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang, Muhammad Ridhol Mujib menyampaikan, hal itu bukanlah suatu hal yang fatal. Karena kemudian setelah dijelaskan oleh PPK yang bersangkutan, pihak saksi dari ketiga paslon menyetujui hasil rekapitulasi tersebut.

“Kemungkinan sebelumnya ada PPK yang kurang konsentrasi untuk hal itu, sehingga ada yang terlupakan,” ujarnya.

Hasil rekapitulasi Pilkada Jatim di tingkat kabupaten ini selanjutnya akan dikirim ke KPU Jatim untuk rekapitulasi tingkat provinsi. “Kalau yang hasil Pilkada Jatim ini, akan kita kirim Kamis malam ini juga,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: