Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang masih melaksanakan proses pemutakhiran data untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dari data sementara, ada banyak pemilih pemula pada pelaksanaan Pemilu nanti.

KPU Lumajang
KPU Lumajang
“Perkiraan ada 12 ribu pemilih pemula,” kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Lumajang, Syamsul S.Pd pada Memo Timur.

Mereka para pemilih pemula adalah yang maksimal lahir pada 17 April 2002. Kenapa di tanggal ini, karena nantinya pemungutan suara dilaksanakan pada 17 April 2019. Dan mereka sudah berusia 17 tahun saat itu.

“Namun tetap dengan catatan harus punya KTP Elektronik atau minimal ada Surat Keterangan (Suket) dari Dispendukcapil,” katanya.

Untuk proses pemutakhiran data pemilih, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada kemudian dijadikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP) Pemilu. Selanjutnya dari jajaran KPU dibawah yang bertugas untuk memutakhirkan data tersebut.

“Kita kemudian mengupdate data tersebut. Seperti mencoret yang sudah meninggal, yang masuk data kita proses,” ujarnya.

DPS HP di masing-masing desa sudah diplenokan pada Rabu (18/7). Selanjutnya dari DPS HP akan diproses lagi. Hingga nantinya data tersebut sebagai DPS Akhir. “Baru kita tetapkan kemudian dan diajukan ke Jatim,” katanya.

Data dari DPT Pilkada sebelumnya ada 812.479 orang. Pada DPS HP jumlahnya bisa bertambah dengan banyaknya pemilih pemula. “Meskipun banyak juga pemilih yang sudah meninggal dan kita coret, namun tambahan dari jumlah pemilih pemula lebih banyak,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: