Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Dinas Pertanian Lumajang memperbanyak lahan dengan tanaman padi varietas M400. Cara dengan mensosialisasikan pada para petani. Karena hasilnya luar biasa, bisa mencapai 10 ton per hektare.

Temu lapang petani di Desa Labruk Lor Kecamatan Lumajang
Temu lapang petani di Desa Labruk Lor Kecamatan Lumajang
Koordinator BPP Kecamatan Lumajang, Juwariyah S.P., M.M.A, menjelaskan tentang keunggulan varietas padi M400 yang memiliki 400 bulir padi per malai di atas rata-rata varietas padi lainnya, dimana rata-rata 200-250 bulir per tangkai.

“Sehingga akan memberikan keuntungan kepada petani dengan hasil panen lebih banyak, mencapai 9-10 ton per hektare, selain itu varietas padi M400 tahan terhadap berbagai serangan hama, bahkan anomali cuaca yang cukup ekstrim,” katanya saat Temu Lapang Panen Padi Varietas M400 yang dilaksanakan di Kelompok Tani Ledeng Makmur, Desa Labruk Lor, Kecamatan Lumajang.

Sementara itu, Kabid Penyuluhan dan Informasi Pertanian, Ir. Annur Farid menjelaskan tentang Varietas Unggul Padi M400, sebagai contoh sebelumnya varietas padi M400 ditanam di Kecamatan Yosowilangun dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi. Karena M400 sangat tahan terhadap serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

“Tingkat produktivitasnya juga tinggi karena setiap tangkai bisa menghasilkan lebih dari 400 bulir, sehingga kesejahteraan serta pendapatan petani bisa meningkat dan petani juga bisa memaksimalkan serta mengembangkan benih varietas M400 secara mandiri,” ujar Annur Farid. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: