Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Libur Sekolah, Ratusan Pelajar SD Ikut Khitan Massal Baznas

Lumajang, Motim - Masih dalam masa liburan sekolah, nampaknya dimanfaatkan oleh para orangtua untuk mengikut sertakan anaknya dalam khitan massal gratis yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang di Pendopo, Selasa (10/7), pagi. Hal ini terlihat dengan banyaknya jumlah peserta khitan.

Khitan massal gratis yang digelar oleh Baznas Lumajang
Khitan massal gratis yang digelar oleh Baznas Lumajang
Ada 156 anak laki-laki yang menjadi peserta dalam khitan massal kali ini. Dari jumlah tersebut sebagian besar adalah pelajar yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Sementara sekitar 20 anak masih sangat kecil dan belum masuk SD.

Sebelum memasuki proses khitan, ratusan anak-anak ini sempat ditemui oleh Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag dan juga Wakil Bupati, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes. Sekaligus bupati membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Sementara di ruang khitan, ragam ekpresi yang ditunjukkan dari para peserta. Ada yang tetap tenang, ada pula yang menangis histeris. Untuk anak-anak yang menangis, para orangtua dan petugas harus berusaha membujuk mereka agar bisa tenang.

Wakil Ketua IV Bagian Orginasi Baznas Lumajang, H. Karmad yang ditemui di lokasi, menyampaikan, dari sekian banyak peserta yang ikut, mereka berasal dari 8 kecamatan yang tidak jauh jangkauannya dari kawasan kota. Untuk sementara 8 kecamatan ini dulu, karena nanti masih ada jadwal khitan massal gratis lagi yang digelar dalam tahun ini.

“Setiap tahun kita menggelar dua kali khitan massal. Pertama di pendopo dan yang kedua di kecamatan pinggiran yang sebelumnya belum dijangkau,” terangnya pada Memo Timur.

Selain tanpa dipungut biaya, peserta khitan juga masih mendampat baju taqwa, sarung, dan juga uang saku dari Baznas. Dalam kegiatan ini, Baznas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk petugas medis yang melakukan khitan.

“Ada 14 petugas medis yang terlibat,” ujarnya.

Sementara saat membuka kegiatan ini, Bupati As’at menyampaikan kepada peserta agar setelah dikhitan nantinya bisa lebih giat lagi dalam beribadah. “Dijaga sholatnya, harus bisa lebih rajin lagi setelah khitan,” kata bupati. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: