Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Peodalan, Ribuan Umat Hindu Kunjungi Pura Mandiri Semeru Agung

Lumajang, Motim - Peringatan peodalan atau hari ulang tahun Pura Mandara Giri Semeru Agung selalu dirayakan setiap tahunnya oleh umat Hindu. Bukan hanya dari Lumajang, ribuan umat Hindu di nusantara juga sengaja datang untuk merayakan.

Perayaan Peodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung
Perayaan Peodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung
Serangkaian kegiatan sudah dijadwalkan dari 25 Juni hingga nanti puncaknya pada 9 Juli 2018. Ada banyak macam kegiatan yang digelar. Termasuk pertunjukkan kesenian. Diantaranya adalah Calon Arang, Cuplokan, Campursari.

Dari pantauan umat Hindu dari berbagai daerah sudah memesan tempat penginapan yang ada di Lumajang. Mereka memilih penginapan yang lokasinya tidak jauh dari pura yang berada di Desa/Kecamatan Senduro itu.

Untuk kelancaran kegiatan ini, aparat TNI dan kepolisian bersama warga berpartisipasi dengan menjaga situasi dan kondisi. “Selama ini kegiatannya selalu berjalan dengan lancar dan aman,” kata Rudi, warga sekitar.

Tidak hanya itu, selain umat Hindu, juga ada wisatawan lokal maupun asing yang sengaja datang ke sana untuk melihat kegiatan yang ada. “Utamanya ingin melihat langsung di puncak acara,” tambahnya.

Seperti diketahui, tempat penginapan di Lumajang sejauh ini masih terbatas. Sehingga banyak warga sekitar yang mengubah rumahnya menjadi tempat penginapan atau homestay. “Peodalan membawa berkah bagi warga sekitar dengan menyulap rumahnya menjadi rumah penginapan,” pungkasnya. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: