Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang sudah melakukan verifikasi administrasi Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Caleg) yang akan berebut kursi DPRD Lumajang pada 2019 nanti. Hasilnya, ratusan berkas bakal caleg harus dikembalikan untuk diberikan kesempatan melakukan perbaikan.

KPU Lumajang
KPU Lumajang
“Ada ratusan kelengkapan bakal caleg ini belum memenuhi syarat,” kata Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang, Muhammad Ridhol Mujib pada Memo Timur, Selasa (24/7).

Pada 20 Juli 2018 lalu, berkas yang harus diperbaiki sudah diserahkan kembali pada pihak partai politik (parpol) masing-masing. Adapun batas akhir perbaikan adalah sampai 31 Juli mendatang.

Selanjutnya, pada 1-7 Agustus mendatang, KPU akan melakukan verifikasi hasil perbaikan. Hasil verifikasi ini kemudian akan dilaporkan pada parpol. Bagi bakal caleg yang masih tidak bisa memperbaiki berkasnya bisa terancam dicoret dari pencalonan.

“Bila pada verifikasi masih ada caleg belum penuhi syarat akan terancam dicoret namanya,” lanjutnya.

Ridhol Mujib menyebut, berkas yang harus diperbaiki paling banyak adalah disebabkan adanya kekurangan dokumen tes kesehatan, legalitas ijazah, surat keterangan dari pengadilan. “Tes kesehatan meliputi tes bebas narkoba, sehat jasmani rohani,” ungkapnya.

Para paslon yang sudah lolos dalam daftar verifikasi administrasi ini, akan diumumkan sebagai Daftar Calon Sementara (DCS). Penguman akan ditampilkan di Kantor KPU, website KPU, maupun media lainnya.

Dari sini, masyarakat bisa memberikan tanggapan tentang DPS yang diumumkan tersebut. Masyarakat bisa melapor jika ada dugaan atau indikasi adanya caleg bermasalah. Misalnya saja dugaan pemalsuan dokumen. Kemudian KPU akan melakukan klarifikasi.

Untuk dugaan adanya pemalsuan dokumen, KPU akan bekerjsama dengan instansi terkait guna memastikan dokumen tersebut asli atau tidak. “Karena KPU tidak mempunyai wewenang untuk mengatakan itu dokumen palsu atau tidak. Misalnya ijazah, kita kerjasama dengan instansi terkait,” pungkas Ridhol Mujib.

Sekedar informasi, semua parpol kontestan Pemilihan Umum (Pemilu) di Lumajang sebanyak 16 parpol sudah mendaftarkan bakal caleg ke KPU. Dengan total ada 593 orang. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: