Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Ranu Pane sempat menjadi salah satu danau terindah di Lumajang dan menjadi destinasi andalan. Namun kondisi beberapa tahun belakangan ini memburuk. Karena adanya pendangkalan akibat sedimentasi.

Kondisi Ranu Pane
Kondisi Ranu Pane
Kemudian hal itu masih diperparah dengan banyaknya tumbuhan liar yang menutupi permukaan danau. Bahkan sebelumnya tumbuhan itu menutupi hampir seluruh permukaan danau yang berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Namun kini upaya untuk memulihkan Ranu Pane terus dilakukan. Bersama TNBTS, sejumlah kalangan telah mengagendakan bersih-bersih Ranu Pane dan sedikit demi sedikit sudah mulai pulih kembali.

Dan yang tebaru adalah, Minggu (29/7), ratusan orang yang peduli pada Ranu Pane turun ke sana. Untuk kembali membersihkan tumbuhan liar yang menutupi permukaan. Sebelumnya tumbuhan yang menutupi masih tersisa sekitar 35 persen.

Koordinator kegiatan, Angga Digdayana menyampaikan, peserta kegiatan yang baru saja dilaksanakan diikuti orang-orang dari berbagai daerah. Bukan hanya Malang maupun Lumajang saja, namun banyak daerah lainnya.

“Ada 120 orang lebih,” katanya.

Ia menambahkan, pesertanya juga bukan hanya dari para komunitas pecinta alam saja, namun dari lintas komunitas lain. Seperti otomotif, juga atas nama sekolah dan instansi, komunitas pemancing, dan juga lainnya.

“Banyak yang datang ikut membantu,” kata pria asal Malang tersebut. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: