Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Seperti diketahui, Lumajang dikenal sebagai daerah penghasil hewan ternak dan juga untuk memenuhi kebutuhan daerah lain. Kambing dan sapi diantaranya, tiap bulan secara rutin dikirim ke berbagai daerah.

Penjualan hewan kurban
Penjualan hewan kurban
Menjelang Hari Raya Idul Adha, permintaan hewan untuk kurban semakin meningkat tentunya. Laporan dari Dinas Pertanian, untuk sapi ada kenaikan hingga 50 persen pada beberapa bulan terakhir.

“Sapi itu biasanya tiap bulan mencapai 700 ekor yang dikirim keluar daerah, sekarang bisa sampa 1.500 ekor,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Lumajang, M. Samsudin pada Memo Timur, Rabu (15/8).

Namun Ia tidak bisa menyebut secara detail berapa jumlah pengiriman tiap bulan di musim kurban sekarang. Pengiriman biasanya diantaranya dilakukan ke Kota Bogor dan Jakarta. “Tidak hafal jumlahnya, tetapi dibandingkan bulan biasanya, ada peningkatan,” tuturnya.

Sementara untuk kambing, Dinas Pertanian tidak memiliki data pengiriman tiap bulannya. Pasalnya untuk kambing jika pengiriman ke daerah lain di Jawa Timur, tanpa perlu meminta surat kesehatan pada Dinas Pertanian.

“Kalau keluar provinsi baru minta surat kesehatan,” jelasnya.

Namun dari informasi para peternak kambing, ada yang mengaku pada bisa melakukan pengiriman yang cukup banyak jelang hari raya kurban. “Karena untuk kambing, ada juga permintaan untuk diekspor,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: