Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga tanggung jawab setiap warga negara. Setiap orang harus bersama-sama melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan layak huni bagi generasi mendatang.

Karya bakti membersihkan sungai di Desa Kalidilem
Karya bakti membersihkan sungai di Desa Kalidilem
Terkait dengan hal tersebut, pada Sabtu (8/9), lalu, dilaksanakan kegiatan karya bakti membersihkan sungai di Desa Kalidilem, Kecamatan Randuagung. Kegiatan yang dilaksanakan bersama jajaran TNI Koramil 0821/07 Randuagung, Pemerintah Desa Kalidilem dan masyarakat.

Hal ini dilakukan sebagai upaya melestarikan dan menjaga ekosistem sungai dari pencemaran lingkungan. Saat melaksanakan kegiatan tersebut, Danramil 0821/07 Randuagung, Kapten Inf Ahmad Eli Supriyadi mengatakan, hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sungai, agar tetap terjaga kelestariannya sebagai sumberdaya alam yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, sungai merupakan sumberdaya alam yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kebutuhan masyarakat untuk menunjang kehidupan. “Selain sebagai sarana untuk irigasi pertanian, habitat hewan yang ada di dalam sungai, terutama ikan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber konsumsi pangan,” katanya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu menciptakan ekosistem yang ada di sungai agar tetap terjaga kebersihannya, sehingga sungai yang mempunyai berbagai manfaat bagi kehidupan bisa menjadi lestari dan dinikmati oleh generasi mendatang.

Sementara itu, Kepala Desa Kalidilem, Muhammad Abdullah menambahkan bahwa selain melaksanakan program pembersihan lingkungan sungai, kegiatan kali ini juga dilakukan penaburan benih ikan nila dan mujair untuk dibudidayakan di lingkungan sungai, mengingat jenis ikan tersebut sangat cocok berada di habitat air sungai.

Dirinya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan air sungai dengan tidak membuang sampah di sungai, sehingga tidak mencemari ekosistem yang berdampak terhadap kerusakan, baik lingkungan maupun makhluk hidup di dalamnya.

“Saya juga menghimbau agar masyarakat juga bisa menjaga benih ikan yang telah kita tabur bersama, dengan tidak melakukan penangkapan yang menggunakan pestisida dan setrum yang dapat merusak ekosistem sungai, karena potensi ikan ini nantinya juga bisa dinikmati secara bersama oleh masyarakat. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: