Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Kebakaran lahan kembali terjadi di Lumajang. Kali ini lahan kosong yang banyak ditumbuhi ilalang terbakar di kawasan Jl. Raya Sumbersuko, Dusun Rekesan, Desa/Kecamatan Sumbersuko, Jumat (28/9) pagi.

Petugas saat memadamkan api
Petugas saat memadamkan api
Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, lahan yang terbakar mencapai 11.575 meter persegi atau mencapai 1 hektare. Diketahui lahan tersebut milik Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Besar Sumberdaya Air Balai Besar Wilayah Sungai Brantas.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, kebakaran bermula dari tumpukan sampah di lokasi yang sengaja dibakar. Namun api kemudian menjalar membakar ilalang dan tanaman lainnya yang sudah nampak mengering.

"Dipicu oleh angin, sehingga api menjalar ke lahan tersebut," katanya.

Kondisi angin yang kencang membuat api cepat meluas. Petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan peristiwa ini dengan cepat tiba di lokasi. Sejumlah mobil damkar dikerahkan untuk mematikan api. Proses pemadaman dilakukan dengan cepat agar api tidak lebih meluas.

"Selain mobil damkar dari Pemkab Lumajang, mobil damkar dari perusahaan Mustikatama juga ikut dikerahkan," lanjut Wawan.

Selain petugas damkar, petugas gabungan lainnya juga tiba di lokasi untuk membantu memadamkan api. Diantaranya petugas dari TRC BPBD, Koramil dan Polsek setempat. "Ada juga relawan lainnya yang juga ikut membantu," pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: