Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Demi memaksimalkan hasil panen padi di Lumajang, ada banyak upaya yang dilakukan. Salah satunya adalah dengan memperbaiki saluran irigasi ke lahan sawah milik para petani. Agar kebutuhan air bagi tanaman bisa disuplai dengan maksimal.

Perbaikan saluran irigasi
Perbaikan saluran irigasi
Upaya perbaikan saluran irigasi ini, seperti yang sudah dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kisma Agung di Dusun Krajan Desa/Kecamatan Randuagung. Mereka juga dibantu oleh Koramil setempat.

Ketua Gapoktan Kisma Agung, Saiful mengungkapkan, bahwa saluran irigasi yang ada saat ini sudah mengalami pendangkalan. Hal ini disebabkan oleh menebalnya endapan tanah yang ikut terbawa pada saat terjadi hujan dan tumbuhnya rumput liar.

“Sehingga menutupi sisi bagaian kanan dan kiri serta di dasar saluran menyebabkan pendangkalan dan aliran airnya menjadi kurang lancar,” ucapnya.

Lanjutnya, setelah dilakukannya normalisasi saluran irigasi ini, diharapkan masyarakat juga dapat berperan aktif untuk menjaga dan merawat. “Diantaranya dengan tidak membuang sampah pada saluran irigasi yang menyebabkan pengairan lahan persawahan menjadi tersumbat,” katanya.

Komandan Koramil Randuagung, Kapten Inf Ahmad Eli Supriyadi juga ikut melakukan normalisasi. Ia menyampaikan bahwa untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, semua jajaran TNI akan selalu melakukan pendampingan terhadap petani.

“Mudah-mudahan perbaikan dengan memelihara dan merawat saluran irigasi yang ada, dapat memacu peningkatan hasil produksi pertanian,” katanya. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: