Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Untuk menyambut 1 Muharam atau 1 Suro, Warga Desa Klanting, Kecamatan Sukodono menggelar Grebek Suro, Selasa (11/9). Ada banyak acara yang digelar mulai pagi hari hingga sore.

Acara Grebek Suro di Desa Klanting
Acara Grebek Suro di Desa Klanting
Pagi hari, acara dilaksanakan di Makam Mbah Singo Joyo. Kemudian sekitar pukul 11, grebek suro atau gunungan dari masing-masing RW yang akan diperebutkan dibawa ke balai desa setempat.

“Grebek suro dari masing-masing RW dilombakan, dinilai dulu,” kata Adi, warga setempat.

Tidak hanya itu, berbagai macam kesenian juga ditampilkan di sana. Mulai dari aksi drum band dari anak-anak sekolah, kesenian reog, dan juga banyak pula tarian-tarian yang ditampilkan untuk menghibur warga.

Setelah kumpul di balai desa, selanjutnya bersama dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa, semua berjalan menuju lapangan sepak bola setempat. Di lapangan ini, acara lebih meriah lagi. Banyak lagi kesenian yang ditampilkan.

“Di lapangan ada ksenian berupa tari-tarian dari siswa-siswi Desa Klanting,” katanya.

Dalam gunungan atau grebek suro yang dibawa dari masing-masing RW, bermacam-macam isinya. Termasuk cara menyusun dan meriasnya juga berbeda-beda. Namun isinya, mayoritas merupakan hasil alam desa setempat. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: