Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Alvin Lie, anggota Ombudsman Republik Indonesia menyampaikan, setiap instansi mempunyai kewajiban membuat standar pelayanan publik. Ombudsman sendiri sebagai lembaga negara yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

Ombudsman saat melakukan sosialisasi
Ombudsman saat melakukan sosialisasi
“Baik itu yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, badan hukum milik negara dan badan swasta atau perseorangan,” katanya saat melakukan sosialisasi di Lumajang.

Lanjutnya, sebagai instansi yang mengawasi pelayanan publik, Ombudsman tidak hanya berperan mengelola pengaduan dari masyarakat. Namun juga melakukan pengecekan sekaligus pendampingan kepada instansi terkait agar pelayanan publiknya meningkat.

“Kami memperlakukan instansi pemerintah ini sebagai pengawas, tugas pengawas ini sebetulnya membantu instansi–instansi pemerintah meningkatkan pelayanan publik, kalau kemudian instansi itu mengalami masalah, kami ikut memikirkan jalan keluarnya,” ujarnya saat sosialisasi di LPPL Suara Lumajang, Kamis (13/9) lalu.

Di kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur, Agus Widiyarta menyampaikan, bahwa instansi pemerintahan hakikatnya melakukan pelayanan dan memenuhi kebutuhan rakyatnya.

“Untuk itu kami mengajak masyarakat apabila mendapatkan pelayanan publik yang kurang berkualitas agar mau untuk mengadukannya kepada Ombudsman,” ujarnya.

Ia menegaskan, untuk mempermudah masyarakat melakukan pengaduan, Ombudsman Perwakilan Jawa Timur, Jumat (14/09), akan melakukan sosialisasi dan membentuk komunitas peduli pelayanan publik bekerja sama dengan Gimbal Alas di Ranu Pane.

“Kami juga membuat sebagai agenda dan program agar masyarakat di Lumajang lebih mudah, lebih berani melakukan pengaduan ke Ombudsman dengan cara nanti kita akan membentuk sebuah komunitas,” pungkasnya.

Sebagai bentuk sahabat Ombudsman yang akan kita adakan kegiatan besok siang, dalam kegiatan sosialisasi Ombudsman dan pembentukan komunitas peduli pelayanan publik di Ranu Pane,” ujarnya. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: