Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Lumajang belum tuntas. Cakupan masih belum mencapai seratus persen. Untuk itu petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Lumajang langsung mendatangi mereka yang belum memiliki E-KTP. Salah satunya adalah para lanjut usia (lansia).

Petugas mendatangi lansia untuk perekaman
Petugas mendatangi lansia untuk perekaman
Seperti diketahui, lansia sudah tidak mungkin untuk datang ke kantor Dispendukcapil untuk melakukan perekaman. Maka dari itu, petugas dengan membawa peralatan, mendatangi rumah yang bersangkutan.

Kepala Dispendukcapil Lumajang, Ahmad Taufik Hidayat, S.H, M.Hum menegaskan, sejauh ini memang banyak lansia yang belum memiliki E-KTP. Karena banyak keluarga yang berpendapat, anggota keluarga lansia tidak membutuhkan E-KTP.

“Masih banyak yang beranggapan, sudah tua jadi untuk apa E-KTP,” katanya pada Memo Timur, Rabu (12/9).

Untuk bisa melakukan perekaman langsung ke rumah para lansia, petugas menunggu laporan dari masyarakat. Termasuk dibantu oleh pihak desa atau kelurahan. “Biasanya perangkat desa yang melaporkan,” ujarnya.

Selain lansia, para petugas juga mendatangi rumah yang memiliki anggota keluarga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Karena alasannya juga sama, banyak keluarga yang enggan mengurus ODGJ agar memiliki E-KTP.

Padahal, kata Taufik, tanpa E-KTP, hak para ODGJ untuk mendapat bantuan tidak bisa diurus. Sesuai dengan program pemerintah, para ODGJ ini harus dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ). “Harus punya E-KTP dan KK, untuk bisa diproses,” terangnya.

Lanjutnya, pihaknya juga secara bergantian mendatangi sekolah-sekolah untuk perekaman E-KTP bagi para pelajar yang baru usia 17 tahun. Agar yang bersangkutan juga bisa mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi).

“Termasuk juga untuk bisa ikut mencoblos dalam Pemilu yang akan datang,” ucapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: