Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lumajang, Ir. Nugroho Dwi Atmoko menyampaikan, terkait sanitasi masih dijumpainya permasalahan. Baik dari sisi pembiayaan maupun dari aspek kelembagaan, dimana masih ada tumpang tindih tugas dan fungsi OPD yang terkait.



Untuk itu, menurutnya perlu adanya penguatan kelembagaan. Ada beberapa hal terkait dengan tupoksi yang perlu ada perbaikan. Karena ini menyangkut kewenangan, tupoksinya harus dilihat kembali agar tidak terjadi tumpang tindih.

“Akibatnya pada penggunaan kewenangan yang tidak sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Nugroho menekankan perlunya integrasi antar berbagai mitra Pemkab Lumajang untuk mencapai target universal akses di tahun 2019. Pihaknya melihat dari sisi peningkatan layanan air bersih, sanitasi dan penyehatan lingkungan.

“Kita juga melihat penguatan kelembagaan terkait, sisi pembiayaan terkait dengan tiga hal ini sesuai dengan proporsi atau tidak,” urainya.

Pemkab Lumajang juga bermitra dengan USAID dalam percepatan pencapaian target universal. Adapun capaian yang diinginkan adalah, dalam kurun waktu dua tahun diantaranya dalam hal pemberdayaan masyarakat dengan perubahan perilaku.

Tindakan kongkritnya, salah satunya adalah dengan menyambung PDAM dan membangun jamban sehat individual secara mandiri di Kelurahan Kepuharjo dan Tompokersan. Serta penguatan kelembagaan Air Limbah Domestik. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: