Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Untuk mencegah kerusakan kawasan hutan di Lumajang, arahan dan pembinaan perlu diberikan kepada anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Seperti yang sudah dilakukan di Desa Kertowono, Kecamatan Gucialit.

Upaya pencegahan kawasan hutan
Upaya pencegahan kawasan hutan
Camat Gucialit, Yudi Prasetiyo menyampaikan, sebagian besar wilayah Desa Kertowono merupakan daerah kawasan hutan nasional yang keberadaannya dilindungi oleh negara. Dan, saat ini banyak lahan di kawasan hutan yang dimanfaatkan dan digarap oleh masyarakat sekitar, sampai turun temurun sebagai lahan perkebunan.

Sesuai dengan peraturan yang ada, lahan di kawasan hutan negara, khususnya yang dikerjakan oleh masyarakat tidak dapat disertifikatkan menjadi hak milik perorangan. Tetapi keberadaannya dapat dimanfaatkan dengan sistem perhutanan sosial.

“Untuk itu, saya berharap masyarakat dapat mengerti tentang peraturan dan pemanfaatan lahan di kawasan hutan negara, sehingga kelestarian hutan dapat selalu terjaga,” harapnya.

Sementara itu, Danramil Gucialit, Kapten Kav Sujarno mengatakan bahwa dengan Program Perhutanan Sosial ini, masyarakat sangat diuntungkan karena mendapatkan lahan, kesempatan usaha perkebunan. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan sumber daya manusia.

“Untuk itu, kami berharap masyarakat juga dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian kawasan hutan, sehingga Program Perhutanan Sosial ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam jangka waktu yang cukup lama,” harapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: