Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir dikenal sebagai desa penghasil tahu terbesar di Kabupaten Lumajang. Banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) ataupun usaha rumahan yang memproduksi tahu di sana.

Festival Banjir Tahu
Festival Banjir Tahu
Potensi yang besar ini pun juga mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat. Salah satunya dengan menggelar Festival Banjir Tahu setiap tahunnya. Dan di tahun 2018 ini, merupakan tahun kedua festival diselenggarakan. Setelah di tahun pertama sudah suskses digelar.

Festival Tahu digelar di lapangan desa setempat, Minggu (28/10) malam. Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML–Ir. Indah Amperawati hadir langsung dalam kesempatan ini.

Festival ini digelar selama dua hari, 27-28 Oktober 2918. Malam puncaknya dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Diantaranya kesenian khas Lumajang, bazar potensi Desa Kunir Kidul. Serta arak-arakan tumpeng tahu raksaksa dengan tinggi 6 m dan lebar 3 m yang berisikan 16.207 tahu.

Bupati menyampaikan, Pemerintah Kabapaten Lumajang sangat berterimakasih atas inisiatif masyarakat Kunir Kidul dalam menggelar Festival Tahu tersebut. Karena ini juga untuk mempromosikan UKM yang ada.

“Fesitival Banjir Tahu akan menjadi agenda rutin di Kabupaten Lumajang, terutama pada rangkaian Hari Jadi Lumajang (Harjalu),” ucap Thoriq.

Thoriq menyampaikan, bahwa melalui banjir tahu ini, ia berharap agar dapat tercatat dalam Rekor Muri, sehingga banjir tahu di Desa kunir dapat dikenal di kalangan masyarakat Nasional maupun Internasional.

Festival tersebut dipadati ribuan masyarakat, bukan hanya warga desa setempat, tetapi juga datang dari berbagai wilayah Lumajang. “Oleh karena itu, banjir tahu tidak hanya untuk masyarakat Kunir tetapi juga untuk masyarakat Lumajang,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Desa Kunir Kidul, Hasyim Nawawi menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakannya festival tersebut adalah untuk mempromosikan UMKM yang ada di Desa Kunir Kidul, yaitu penghasil tahu.

“Saya berharap dengan terselenggaranya festival ini, dapat mendongkrak perekonomian yang ada di Desa Kunir Kidul,” katanya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: