Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - SMPN 1 Ranuyoso memberikan warna baru dalam kesenian tari di Lumajang. Dalam Lomba Tradisional Lumajangan yang digelar di Dinas Pendidikan, Senin (22/10), para siswa menampilkan Tari Glipang yang sudah dimodifikasi.

Penampilan Tari Glipang
Penampilan Tari Glipang
Sentuhan modifikasi ini dilakukan demi menampilkan Tari Glipang yang agak berbeda dari biasanya. Baik itu dari segi gerakan dan kostum yang berbeda dari sebelumnya. “Jadi ini tari tradisional yang sudah mendapat sentuhan modifikasi,” kata Tri Retno selaku pembina.

Modifikasi juga dilakukan dengan memasukkan kearifan lokal, khususnya yang ada di Kecamatan Ranuyoso. “Kita Mengangkat kearifan lokal, mengekplor budaya etnik dan kultur masyarakat Ranuyoso,” jelasnya.

Bahkan dalam tarian tersebut juga ditambahkan ganongan sebagai simbol kejahatan yang untuk dilawan. “Tari Glipang juga menunjukkan keperkasaan dan kegagahan prajurit yang melawan musuhnya,” ungkapnya.

Tarian ini sengaja dipilih karena selain sebagai tarian rakyat, juga karena tarian ini kental dengan sejarah di Lumajang. “Tari ini merupakan tarian rakyat yang digunakan untuk penyambutan tamu atau sebagai acara pembukaan. Konon juga digunakan sebagai sarana penyebaran agam Islam di Lumajang,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: