Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Jumlah kebutuhan kotak suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Lumajang sangat banyak, dibandingkan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) 2018. Informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, jumlah kebutuhannya mencapai 16 ribu kotak suara.

Proses penghapusan kotak suara lama
Proses penghapusan kotak suara lama
Jumlah tersebut sangat banyak lantaran jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga bertambah banyak pula. Pada Pemilu jumlah TPS ada 3.281 sedangkan pada Pilkada lalu, jumlahnya 1.872.

Divisi Perencanaan Logistik dan Keuangan KPU Lumajang, Yusuf Adi Pamungkas, S.TP, menyampaikan tiap TPS membutuhkan 5 kotak suara. Artinya jika dikalikan jumlah TPS, mencapai 16.405.

Kemudian ditambah saat rekapitulasi di tingkat kecamatan, tiap kecamatan membutuhkan 5 kotak suara. Dikalikan 21 kecamatan, jadi jumlahnya 105 kotak suara. Sedangkan untuk KPU membutuhkan 5 saja. Jadi total keseluruhan 16.515.

“Untuk di KPU hanya 5 saja, karena rekapnya berjenjang,” kata Yusuf pada Memo Timur, Rabu (10/10).

Ada yang berbeda pada kotak suara dalam Pemilu 2019 nantinya. Karena untuk kotak yang lama sudah tidak dipakai lagi, diganti dengan yang baru. Jika kotak yang lama terbuat dari bahan alumunium, yang baru nanti terbuat dari bahan kardus.

“Kardus tebal dan transparan dari luar,” lanjutnya.

Sebelum kotak suara baru itu didistribusikan KPU RI, saat ini KPU Lumajang melakukan proses penghapusan kotak suara yang lama. Nantinya kotak yang lama akan dilelang. “Kalau kotaknya KPU RI yang melakukan pengadaan. Sudah jadi itu. Kita tinggal menerima saja,” jelasnya.

Saat ini KPU sudah mulai mengeluarkan isi kotak suara lama yang berupa dokumen dari Pilkada kemarin. Proses ini diperkirakan memakan waktu hingga 7 hari. Karena bukan hanya kotak suara, bilik suara yang rusak juga akan dilelang untuk diganti dengan yang baru. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: