Mengenang Kembali Peristiwa G30S/PKI

Lumajang, Motim - Peristiwa pada 30 September 1965 diketahui menjadi salah satu sejarah besar bagi Indonesia. Sejarah mencatat pada hari itu terjadi gerakan pemberontakan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal G30S/PKI.
Nobar Film PKI
Nobar Film PKI
Untuk mengenang kembali peristiwa tersebut, Pemkab Lumajang menggelar nonton bareng Film G30S/PKI di Alun-Alun Lumajang, Minggu (30/9) malam. Banyak masyarakat yang hadir untuk ikut bergabung menonton.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan, bahwa peristiwa G30S PKI ini merupakan momen yang tidak boleh dilupakan oleh generasi muda Indonesia. Suatu peristiwa yang mencoreng sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

“Momen ini adalah momen yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pemuda-pemuda jangan sampai melupakan sejarah ini,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Lumajang, bahwa melalui kegiatan ini, diharapkan agar bisa dijadikan pembelajaran. Bahwa tidak boleh ada lagi kekejaman dan pemberontakan dalam negeri ini.

Bahkan menurutnya, ada pihak tertentu yang berupaya memutarbalikkan fakta sejarah tentang kekejaman PKI terhadap bangsa sendiri. “Karena ada pihak-pihak yang berupaya untuk menghilangkan fakta bersejarah ini. Maka sekarang semuanya bergerak untuk menonton bareng,” ujarnya. (fit)