Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Memberikan pendidikan politik bagi para pelajar dan mahasiswa memang sangat perlu. Apalagi bagi mereka yang baru memiliki hak pilih. Agar mereka bisa dengan bijak menyampaikan suaranya dan tidak menjadi golongan putih (golput).

Kursus Kepemiluan di KPU
Kursus Kepemiluan di KPU
Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang menggelar kursus kepemiluan, Senin (16/10). Kegiatan ini diikuti puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Lumajang.

“Materinya terkait dasar kepemiluan. Seperti tentang siapa penyelenggara pemilu, penegak hukum pemilu,” kata Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang, Muhammad Ridhol Mujib SE.

Setelah kegiatan ini, bahkan ada kemungkinan besar bagi mereka untuk menjadi bagian dari KPU dalam pelaksanaan pemilu nantinya. Mereka bisa menjadi petugas dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Karena kita membutuhkan banyak SDM nantinya, mereka bisa diberdayakan menjadi KPPS. Karena jumlah TPS begitu banyak pada pemilu, ada 3 ribu lebih,” ucapnya.

KPU juga akan memilih 20 orang diantara mereka untuk menjadi kepanjangantangan dari KPU dalam melakukan sosialisasi. “Bisa menjadi perwakilan kita untuk sosialisasi di sekolah atau kampus di tempat tinggal mereka,” ucap Ridhol Mujib.

Dalam menentukan 20 orang yang akan terpilih ini, KPU memberikan pretes bagi mereka. Serta melihat keaktifan mereka selama mengikuti kursus. “Istilahnya mereka nanti adalah agen kita atau relawan demokrasi kita,” ujarnya.

Setelah kursus diberikan pada pelajar dan mahasiswa, pada Selasa (16/10), juga digelar kegiatan serupa namun dengan kalangan peserta yang berbeda. Pada hari itu diikuti kalangan umum maupun organisasi di masyarakat. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: