Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML terjun langsung ke lokasi pertambangan pasir yang ada di Desa/Kecamatan Pronojiwo. Setelah melakukan pemantauan di sana, Ia menegaskan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat semestinya bisa lebih besar dari sekarang.

Thoriq ke lokasi tambang
Thoriq ke lokasi tambang
“Mestinya potensinya lebih besar lagi,” katanya.

Karena dari usai menemui pemilik izin tambang di lokasi tersebut, diketahui dalam setahun mampu menyetor pajak mencapai Rp 1 miliar. Itupun dari lokasi tambang yang digarap dengan alat manual.

“Ini Rp 1 miliar tanpa bego, dengan produksi sedang,” ujar Thoriq.

Jika yang manual saja, dalam setahun mampu menyetor PAD hingga Rp 1 miliar, tentunya di tambang lainnya yang menggunakan alat berat bisa mendapat lebih besar dari itu. Ditaksir bisa mencapai Rp 3 miliar.

“Apalagi di Lumajang ada 37 izin tambang,” tegasnya.

Selain harus tertib administrasi dan membayar kewajiban pada daerah, Thoriq juga meminta pemilik tambang dapat menggandeng warga sekitarnya sebagai pekerja. “Sehingga ada tanggungjawab bersama,” katanya.

Bahkan harus ada komunikasi bagus dengan warga setempat. Misalnya ketika ada jalan desa yang rusak karena sering dilalui kendaraan tambang, pihak pemilik izin bertanggungjawab melakukan perbaikan. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: