Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Hujan deras kerap mengguyur Lumajang akhir-akhir ini. Untuk itu tanggul Dam Gambiran lebih diperkuat sebagai antisipasi agar tidak jebol lagi. Karena ketika hujan deras, debit air di Kali Asem meningkat dan dapat membuat tanggul sementara di dekat dam gambiran tak kuat menahan terpaan air.

Alat berat dikerahkan untuk mempercepat proses penguatan dam gambiran
Alat berat dikerahkan untuk mempercepat proses penguatan dam gambiran
Dari pantauan Memo Timur, Senin (26/11), sejumlah petugas terlihat menambah jumlah sak berisi tanah di tanggul tersebut. Sehingga tanggul sementara yang masih terbuat dari bronjong itu tetap kuat menahan air.

Bahkan terlihat alat berat juga dikerahkan untuk mempercepat proses pengerjaan yang ada. “Kemarin sudah kuat tapi diperkuat lagi. Jadi ketika debit air meningkat, tidak sampai keluar air itu,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Antisipasi ini segera dilakukan, karena melihat hujan yang terjadi belakangan ini dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama. Debit air juga sempat meningkat di Kali Asem. “Tapi masih dalam batas normal,” ucapnya pada Memo Timur.

Wawan menambahkan, potensi kenaikan debit air memang sangat besar saat ini. Apalagi untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Semeru. Perlu ada antisipasi yang lebih, agar tidak korban jiwa. “Potensi lahar dingin memang ada kalau hujan seperti saat ini,” ungkapnya.

Untuk itu, Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktifitas saat hujan di sekitar DAS. Utamanya bagi para penambang pasir. “Sudah selalu kami sampaikan, untuk berhati-hati dan jangan melakukan aktifitas di sana saat hujan. Karena lahar dingin bisa datang sewaktu-waktu,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: