Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Pendidikan Ketrampilan Hidup Bagi Anak Petani
Lumajang, Motim - Social Transformation and Public Awarenes (Stapa) Center menggelar Children Competition Lumajang 2018 melalui Rumah Kreasi. Kompetisi ini digelar di Pemandian Jokarto Kecamatan Tempeh, Minggu (18/11).
Children Competition Lumajang 2018
Children Competition Lumajang 2018
Ada sekitar 500 anak yang menjadi peserta dari 3 desa binaan Rumah Kreasi. Diantaranya Desa Karanglo, Tumpeng dan Jokarto. Kegiatan ini sekaligus menjadi pendidikan hidup bagi anak, khususnya anak petani.

Ada berbagai jenis lomba dan pertandingan yang digelar. Baik itu perorangan maupun kelompok. Diantaranya Mewarnai untuk anak SD, Doodle Art untuk anak SMP dan SMA, Rangking 1 (cerdas cermat), Balap Egrang, Bakiak Panjang, Hadrah/Al Banjari, Kreasi Daur Ulang, English conversation, Bulutangkis, Sepak bola mini (7 anak), dan Gobak Sodor.

Ini merupakan ujung dari program pembelajaran dari Stapa yang dilakukan melalui Rumah Kreasi. Diharapkan kegiatan ini akan menjadi ajang bagi anak untuk berani menguji ketrampilannya sebagai hasil pembelajaran bersama anak-anak lainnya.

“Nilai-nilai kejujuran, solidaritas, sportifitas dan pantang menyerah akan menjadi spirit dari kompetisi ini dan akan menghasilkan anak-anak berprestasi yang akan membuka cakrwala berpikir anak, orang tua, dan masyarakat,” kata Eri Andriani, Asisten Program Manager RumahKreasi.

Program pencegahan pekerja anak berbasis komunitas melalui Rumah Kreasi adalah program berdurasi empat bulan yang dilaksanakan Stapa Center di 12 desa terpilih di Kabupaten Jember, Lumajang, dan Klaten.

Program ini merupakan pengembangan After School Program yang dilaksanakan pada tahun 2015 –2017 berbasis sekolah. “Tujuan khusus peogram berbasis komunitas adalah untuk mengurangi keterlibatan anak dalam membantu pekerjaan orang tua di pertanian tembakau,” jelasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: