Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Gerakan Dukungan Kyai Ilyas jadi Pahlawan Nasional (Garda Kiai) terus mengalir dari berbagai pihak. Kali ini, Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Lumajang pun juga menyatakan dukungan agar Kapten Kyai Ilyas yang berjuang mengusir penjajah dari Lumajang bisa tercatat sebagai pahlawan nasional.

GSNI Lumajang
GSNI Lumajang
Bahkan Pengurus DPC GSNI Lumajang sudah bersurat kepada Bupati Thoriqul Haq, M.ML. Dalam surat tersebut mereka menyatakan dukungan dan ingin bupati memperjuangkan Kyai Ilyas agar bisa menjadi pahlawan nasional.

Surat tertanggal 10 November 2018 itu, dikirim ke bupati pada Senin (12/10) lalu. Selain ditunjukkan pada bupati, juga dikirim kepada Ketua Pengurus Cabang Nahhdlatul Ulama (PCNU) Lumajang.

Ketua DPC GSNI Lumajang Khoirur Roziqin, mengatakan, dukungan diberikan karena Kapten Kyai Ilyas layak menyanding gelar pahlawan nasional. Ia adalah seorang kyai yang berjuang angkat senjata bersama santrinya yang tergabung dalam pasukan Hizbullah.

“Mereka mengusir Belanda di Lumajang. Tidak hanya di Lumajang, beliau juga berjuang di 3 kabupaten yakni Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Malang,” ucapnya.

Gerakan dukungan ini, juga dilakukan dengan menerbitkan buku edisi pemutakhiran yang berjudul "KYAI ILYAS: Pahlawan Santri dari Lumajang". Sebagai pemutakhir adalah Mansur Hidayat, S.S., M.M., Lutfia Amerta Sanjiwani, S.Pd., dan Rina Rohmawati,S.S., M.Hum

Tidak hanya itu, mereka juga mengadakan napak tilas perjuangan Kapten Kyai Ilyas di Lumajang dengan 3 titik penting. “Yakni Musholah Kyai Ilyas di Dusun Galingan, Desa Boreng, Kecamatan Sukodono, Monumen Kapten Kyai Ilyas di Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang dan Makam Kapten Kyai Ilyas," tambahnya.

Apalagi masih di momentum Hari Pahlawan. Adalah waktu yang pas untuk pengajuan gelar Kyai Ilyas menjadi Pahlawan Nasional. Mereka berharap semua elemen masyarakat juga mendukung kegiatan ini.

"Kita berharap semua masyarakat Lumajang juga memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang, PCNU Lumajang dan Garda Kiai agar segera membentuk tim pengusulan dan melengkapi data-data yang dibutuhkan dalam pengajuan pengusulan agar segera diproses," pungkasnya. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: