Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang dilakukan secara ketat. Sebelum lolos untuk mengikuti ujian saja, peserta sudah harus dihadapkan dengan persyaratan administrasi yang juga ketat. Tak sedikit ada calon peserta sudah gugur di tahapan ini. Apalagi saat pelaksanaan tes, perolehan nilai peserta sudah bisa dipantau meski belum selesai.

Pelaksanaan Tes CPNS di Lumajang
Pelaksanaan Tes CPNS di Lumajang
Seperti yang diketahui, dalam peraturan baru, untuk seleksi penerimaan CPNS pemerintah didukung teknologi komputer yang lebih canggih. Yakni menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) yang terhubung dengan pemerintah pusat.

Hal ini selain membuat prosedur tes CPNS jadi semakin praktis dan efisien karena, juga membuat pelaksanaan ujian bisa diperketat. “Sehingga peserta dapat dikontrol langsung melalui server,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Drs. Nurwakit Ali Yusron, M.AP.

Seperti tes CPNS yang digelar di Kantor BKD Lumajang, panitia penyelenggara juga memasang satu layar di luar yang terhubung dengan hasil tes saat itu juga. “Jadi siapa pun bisa memonitor pergerakan nilai dari peserta mulai awal hingga akhir ujian,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan tes CPNS, Nurwakit sejauh ini tidak banyak peserta yang berhasil mendapat nilai sesuai ambang batas atau passing grade. “Hanya ada sekian persen saja dari seluruh peserta yang ada,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini dikarenakan di Jawa tingkat kesulitan tes lebih tinggi daripada di wilayah lainnya. Inipun sudah keputusan BKN dengan melihat tingkat nilai kelulusan yang ada. “Jadi bobot soalnya di Jawa dan wilayah lainnya berbeda,” ungkapnya.

Di Lumajang sendiri, ada 7.939 pendaftar. Tes CPNS dilaksanakan setiap hari hinga 11 November 2018. Ada 5 sesi dalam sehari, kecuali Jumat ada 4 sesi. Sementara lowongan yang tersedia hanya 471 formasi. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: