Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Setelah melewati sejumlah tahapan, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang menetapkan anggota tambahan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2019. Masing-masing kecamatan ada tambahan 2 orang anggota, atau total ada 42 anggota tambahan.

Tes wawancara calon anggota PPK Pemilu 2019. (*) 
Seperti diketahui, awalnya dari 5 anggota PPK Pilkada 2018 tiap kecamatan, 3 diantaranya dipilih menjadi PPK Pemilu 2019. Namun adanya keputusan MK terbaru, dalam Undang-Undang Pemilu, ada perubahan jumlah anggota PKK Pemilu 2019 yang menjadi 5 orang.

Kemudian KPU RI menindaklanjuti keputusan MK itu dengan mengeluarkan surat edaran pada KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan penambahan anggota PPK Pemilu 2019. Mekanisme penambahan, adalah menyeleksi kembali mantan anggota PPK Pilkada 2018 dan orang-orang yang berada di peringkat 6-10 saat seleksi tiap kecamatan.

Ada 114 calon anggota yang sebenarnya memiliki kesempatan menjadi PPK Pemilu 2019. Namun hanya sekitar 80 diantaranya yang memenuhi undangan KPU untuk mengikuti sosialisasi terkait ini beberapa waktu.

“Ada banyak yang tidak bersedia. Dengan alasan ada yang sudah mendapat kerja lain dan sebagainya,” kata Kepala KPU Lumajang Siti Mudawiyah pada Memo Timur, Kamis (22/11).

Kemudian hanya 74 orang diantaranya yang bersedia untuk melengkapi administrasi dan datang untuk tes wawancara. “Jadi dua peringkat teratas sesuai hasil wawancara yang akan kita rekrut jadi anggota,” ujarnya.

Namun jumlah calon anggota PPK tiap kecamatan berbeda. Ada yang sampai 6 orang, atau bahkan hanya 2 orang saja. Sehingga setelah mngikuti tes, keduanya otomatis lolos menjadi anggota PPK Pemilu 2019.

“Selanjutnya pelantikan akan dilaksanakan pada 2 Januari 2019,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: