Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Nama Zainul Arifin dikenal sebagai sosok pemuda yang memiliki semangat besar untuk Lumajang. Dia telah berbuat banyak untuk Lumajang di berbagai bidang dan banyak pula penghargaan yang diraihnya. Terakhir, Ia mendapat Penghargaan Pemuda Utama langsung dari Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Penghargaan dari Gubernur untuk Pemuda Lumajang
Penghargaan dari Gubernur untuk Pemuda Lumajang
Ini merupakan penghargaan tertinggi kepemudaan yang diberikan kepada para pemuda berprestasi di Jawa Timur sesuai dengan legasinya. Zainul Arifin, berhak mendapat penghargaan ini sesuai dengan legasinya di bidang pemberdayaan masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi serta pelestari budaya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bukan asal-asalan memberikan penghargaan tersebut. Karena melihat Zainul Arifin yang sudah berkarya nyata untuk Lumajang khusunya. Seperti pemberdayaan ekonomi di Kampung Mebel, Dusun Pasinan, Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung. Bahkan Festival Dengklek sudah selalu sukses digelarnya.

“Namun Pemprov Jatim melihatnya bukan hanya di tahun ini saja. Tetapi melihat apa yang sudah dilakukan oleh para pemuda mulai dulu,” jelasnya pada Memo Timur.

Sementara untuk pelestarian budaya, pria kelahiran 1989 ini sudah tidak terhitung lagi nampaknya apa yang sudah Ia perbuat untuk Lumajang. Ia mendirikan CIO Indonesian Arts Culture yang sudah sukses membawa nama Lumajang, bukan hanya di kancah provinsi, namun juga nasional hingga internasional. Diantaranya menjadi koreografer di ajang International BAF IV dan Borobudur Internasional Festival.

Zainul sebelum ini juga mendapat banyak penghargaan pribadi, dari tingkat kabupaten hingga internasional. Untuk nasional, diantaranya meraih Satu Indonesia Awards dan Pemuda Pelopor Nasional Bidang Sosial Budaya Pariwisata dan Bela Negara.

Selain itu juga aktif di bidang lainnya seperti kesehatan, pendidikan, keagamaan, pariwisata, sosial. Di Lumajang, diantaranya Ia dipercaya menjadi Pembina Duta wisata, Ketua Forum Pegiat Anti Narkoba, Ketua DPC Himpunan Pramuwisata. Bahkan Ia juga ditunjuk oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim untuk menjadi Ketua Umum Forum Pemuda Utama 2018-2021.

Melalui forum ini, akan bersinergi dengan pemuda-pemuda di Jawa Timur untuk berkarya sesuai dengan daerah masing-masing. “Kami bermitra nantinya dan bisa menggandeng pemuda yang ada di Jatim. Seperti di Bojonegoro soal tambang dan Malang itu ecotourism,” ujarnya.

Kalau di Lumajang Ia akan mengangkat lintas agama. Karena selama ini di Lumajang pluralisme terlihat sangat bagus. “Pluralisme di Senduro akan menjadi obyek untuk bisa memberikan dampak positif masyarakat,” ujarnya. Apalagi Ia juga konsisten menjadi bagian pengembangan budaya antara Jawa Timur bagian timur dan Bali.

Meski sudah mendapat penghargaan dari gubernur, namun sejauh ini Zainul Arifin masih belum mendapat apresiasi dari Pemkab Lumajang di kepemimpinan Thoriq–Indah. “Kalau di kabupaten masih belum sampai detik ini,” ucapnya.

Meski begitu Ia optimis, dengan kepemimpinan Thoriq–Indah, di Lumajang akan lahir banyak pemuda-pemuda berprestasi. “Pemuda yang bisa menjadikan jembatan baru untuk terus berpikir dalam menghadapi industri 4.0,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: