Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum akan menambah anggota Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Masing-masing 2 orang tiap kecamatan atau total ada 42 anggota tambahan. Dalam penambahan ini mantan anggota PPK Pilkada 2018 memiliki kesempatan untuk bisa bergabung lagi.

Sosialisasi penambahan anggota PPK Pemilu 2019. (*)
Seperti diketahui, untuk PPK Pilkada 2018 ada 5 orang anggota tiap kecamatan. Kemudian dari 5 ini, dikurangi menjadi 3 orang untuk dijadikan PPK Pemilu 2019. Namun adanya keputusan MK terbaru, dimana dalam Undang-Undang Pemilu disebutkan sebelummnya anggota PPK Cuma 3 orang, kemudian diubah kembali menjadi 5 orang.

“Kemudian KPU RI menindaklanjuti keputusan MK itu dengan mengeluarkan surat edaran pada KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan anggota PPK Pemilu 2019,” kata M. Ridhol Mujib, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Lumajang.

Mekanisme penambahan ini tidak lagi dengan cara tes tulis lagi. Namun mantan anggota PPK Pilkada 2018 yang tidak menjadi PPK Pemilu 2019 yang akan direkrut. Termasuk anggota yang terkena evaluasi termasuk anggota PAW PPK Pilkada

Ada 114 calon anggota yang sebenarnya bisa menjadi PPK lagi. Namun hanya sekitar 80 diantaranya yang memenuhi undangan KPU untuk sosialisasi terkait ini di Amanda Cafe, Rabu (14/11).

Calon anggota yang hadir ini kemudian harus melengkapi syarat administrasi untuk ke tahap selanjutnya. Karena jika mereka lolos di tahapan verifikasi administrasi akan mengikuti tahap tes wawancara pada 19-20 November mendatang.

“Syarat diantaranya seperti surat pernyataan bermaterai. Karena KPU ingin memastikan juga mereka tidak menjadi anggota partai, sebelumnya tidak menjadi tim sukses/kampanye di Pilkada dan juga pada Pemilu 2019,” ujarnya Ridhol Mujib pada Memo Timur.

Nantinya mereka yang dinyatakan berhak menjadi anggota tambahan PPK 2019 baru akan dilantik pada awal tahun. Karena masa kerja mereka pada Januari-Juni 2019. “Nanti yang dilantik 42 orang terpilih, namun Sknya (anggota) yang lain kiats serahkan bersamaan,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: