7 Ribu Nasi Kotak Akan Dibagikan di Prosesi Harjalu

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Lumajang, Indrianto. (fit) 
Lumajang, Motim - Prosesi Hari Jadi Lumajang (Harjalu) akan dilaksanakan, Sabtu (15/12) di Alun-Alun Lumajang. Ada yang menarik dalam prosesi kali ini dibandingkan sebelumnya. Karena Pemkab Lumajang akan menyediakan sekitar 7 ribu nasi kotak yang akan dibagikan masyarakat.

“Sekitar 7 ribu kotak yang akan kita bagikan,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Lumajang, Indrianto, Jumat (14/12).

Nasi kotak dipilih sesuai dengan keputusan dari Bupati Lumajang Thoriqul Haq, M.ML. Yang awalnya rencanananya tumpeng dialihkan menjadi nasi kotak. Biar jumlahnya bisa lebih besar dan dinikmati masyarakat.

“Masyarakat bisa kebagian semua yang hadir,” ucapnya.

Ada hal unik lainnya dalam proses kali ini nantinya, yakni ada adegan penyerahan tombak atau pusaka dari Raja Singosari, Wisnu Wardana yang diperankan seseorang kepada Nararya Kirana untuk menjadi Raja di Lumajang yang akan diperankan bupati.

“Karena sebagai napak tilas, dalam prasasti disebutkan bahwa Raja Singosari mengukuhkan Nararya Kirana sebagai Raja di Lumajang,” ujar Indrianto.

Kemudian, dalam prosesi kali ini juga akan ditampilkan tari kolosal Godril Lumajang dalam jumlah penari yang banyak. “Untuk tamu udangan dan Forkopimda nanti akan mengenakan pakaian khas Lumajang,” pungaskasnya. (fit)