Baznas Salurkan Beasiswa kepada SMP/SMA dan Sederajat

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang kembali menyalurkan beasiswa bagi para pelajar yang duduk di bangku SMP/SMA dan sederajat. Bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML, beasiswa itu diberikan di Panti PKK, Selasa (11/12).
Penyerahan beasiswa bagi pelajar di Lumajang
Penyerahan beasiswa bagi pelajar di Lumajang
Sekretaris Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi mengatakan, melalui Program Lumajang Cerdas, beasiswa diberikan kepada 52 lembaga SMP, 16 MTs, 12 SMA, 9 SMK, dan 6 MA yang ada di Lumajang.

“Sejauh ini, keperluan zakat untuk pendidikan sekitar Rp 1,3 miliar dengan pendapatan zakat sampai November 2018 sekitar Rp 4,26 miliar,” jelasnya.

Lanjutnya, Ia berharap pemerintah dapat memberikan fasilitas agar pendapatan zakat meningkat di tahun depan. “Kami berharap tahun 2019 ada kerjasama dengan stakeholder, kami harapkan OPD juga 2,5 persen semuanya, kami berharap pak bupati bisa memfasilitasi kami,” pungkasnya.

Sementara Bupati Thoriq menegaskan, untuk meningkatkan perolehan zakat, Ia akan membuat Surat Edaran Bupati yang ditujukan kepada seluruh ASN yang beragama Islam. “Kedepan saya berharap semua ASN meningkat zakatnya, Saya nanti usul akan membuat surat edaran kepada ASN untuk zakat 2,5 persen di Baznas,” paparnya.

Di kesempatan itu, Thoriqul Haq juga menerima Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) dari Baznas. NPWZ itu sangat penting dimiliki para wajib zakat. Kepemilikan NPWZ, memudahkan pengadministrasian zakat secara lebih baik.

Terlebih dalam pemanfaatan teknologi digital maupun pemanfaatan teknologi informasi yang makin canggih. Thoriq pun mengapresiasi kinerja Baznas Lumajang yang sudah turut membantu Pemkab Lumajang untuk membangun kualitas sumber daya manusia. (fit)