Dihantam Ombak Tinggi, Abrasi Pantai TPI Makin Parah

Kondisi Pantai TPI. (*) 
Lumajang, Motim - Abrasi yang terjadi di Pantai TPI Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari kondisi semakin parah. Setelah dihantam ombak tinggi beberapa waktu lalu, abrasi semakin mengancam bangunan di dekat pantai.

Setelah tahun sebelumnya abrasi merusak bangunan yang ada, kini abrasi yang terjadi juga kembali menggerus bangunan disana. Sehingga bisa membahayakan masyarakat atau wisatawan yang akan berkunjung kesana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, menyatakan abrasi terjadi setelah ada ombak dengan tinggi mencapai 5 meter beberapa waktu lalu. Namun kini ombak sudah berangsur normal.

“Sekarang ombak rata-rata 2,5 meter. Yang membuat abrasi itu ombak setinggi 5 meter,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur, Rabu (26/12).

Dengan adanya kondisi ini, masyarakat di sekitar sana dihimbau untuk tetap waspada. Khususnya Desa Bulurejo dan Tegalrejo Kecamatan Tempursari. Meksi begitu, aktifitas para penjual ikan bakar tetap normal.

“Untuk nelayan juga tetap melaut kalau ombak dengan tinggi rata-rata 2,5 meter,” ucapnya.

Lanjutnya, untuk menangani ini, pihaknya akan melibatkan Perhutani selaku pemangku wilayah dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur. “Kita tetap koordinasi untuk penanganan yang akan dilakukan disana,” pungkasnya. (fit)