Dispora Targetkan Candil 2018 Diikuti Ribuan Peserta

Lumajang, Motim - Sejak sukses diselenggarakan 8 tahun silam, Gerak Jalan Tradisional Candipuro – Lumajang (Candil) akan kembali digelar tahun ini. Sekaligus menjadi salah satu agenda Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-763.
Gerak Candil pada 2017
Gerak Candil pada 2017
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lumajang sendiri menargetkan akan ada banyak peserta yang terlibat dalam tahun ini. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana masyarakat sangat antusias. Hingga ada ribuan peserta.

Plt Kepala Dispora Lumajang, Agus Budianto mengatakan, pada gelaran Candil ke-8 ini, ditargetkan ada 4 ribu peserta yang ikut pada 29 Desember mendatang. Sejauh ini, peserta yang sudah mendaftar jumlahnya masih kurang dari seribu orang.

Untuk menarik minat masyarakat, panitia menyediakan total hadiah hingga Rp 51 juta plus trophy. “Tempat pendaftaran Candil tersebar di 7 titik, yakni di Kantor Dispora, Candipuro, Pasirian, Tempeh, Sumbersuko, Klakah dan Yosowilangun,” katanya.

Peserta Candil terbagi menjadi beberapa kategori. Ada beregu pelajar, beregu umum, dan perorangan. Masing-masing regu sebanyak 10 orang. Pendaftaran dibuka sejak 31 November hingga 29 Desember 2018.

“Start dimulai siang hari, di Lapangan Candipuro, Dusun Panggung dan finish di Alun-Alun Lumajang,” ucapnya.

Adapun poin penilaian dalam Candil adalah ketepatan waktu, kerapian, kejujuran atau benar-benar jalan kaki, keunikan mengenakan pakaian/ atau kostum dan lainnya. Juri dan wasit yang disiapkan sebanyak 50 orang.

“Penilaianya dijamin objektif. Peserta yang jalan kaki, lalu naik kendaraan karena kecapekan, lalu jalan kaki lagi tidak akan terpilih jadi juara. Para juri dan wasit nanti dikumpulkan dan kita sumpah,” pungkasnya. (fit)