Gawat Mundur dari Sekda, Bupati Enggan Beberkan Alasan

Bupati Thoriqul Haq, M.ML
Lumajang, Motim - Tak lama setelah pencopotan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang beberapa waktu lalu, kini ada kabar yang tak kalah mengagetkan pula. Kali ini, Drs. Gawat Sudarmanto mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda). Namun sejauh ini, belum ada alasan kenapa Gawat meninggalkan jabatan tersebut. 

Sesuai surat pemberitahuan yang dikeluarkan bupati, dalam isinya menyebutkan jika pengunduran diri Gawat secara resmi per 10 Desember 2018 lalu. Bupati Thoriqul Haq, M.ML sendiri saat dikonfirmasi wartawan, masih enggan membeberkan alasan mundurnya gawat.

“Kita masih konsultasi dengan Pemprov untuk persiapan proses tindak lanjutnya, apakah nantinya diisi Plt (Pelaksana Tugas), Pj (Penjabat), atau bagaimana aturannya. Begitu sudah selesai, akan kita sampaikan ke teman-teman (wartawan),” katanya.

Sejauh ini bupati bersama wakil bupati mengaku masih intens melakukan komunikasi dengan Gawat. Salahsatunya agar Gawat secepatnya mengurus administrasi pemerintahan yang dibutuhkan dalam pengunduran dirinya.

“Prinsipnya kami di pemerintahan ini kondusif dan berjalan dengan baik tahapannya,” jelasnya.

Memang sesuai janji, di 100 hari pertama masalah reformasi dan birokrasi yang akan dibenahi oleh Thoriq. “Kami melakukan reformasi birokrasi pelayanan, perubahan pelayanan yang baik pada masyarakat. Progresnya terus berjalan,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Ir. Indah Amprewati, M.Si saat dikonfirmasi, membenarkan jika Gawat juga sempat dipanggil langsung olehnya untuk pemeriksaan terkait pengunduran diri tersebut.

Namun Indah juga enggan menceritakan panjang lebar tentang pemeriksaan yang dilakukan tersebut. Namun Ia menggap jika Gawat adalah sahabatnya di birokrasi. Sehingga dalam pemeriksaan itu, banyak juga perbincangan diluar substaansi materi pertanyaan.

“Secara emosional dia sahabat saya. Namun ada hal-hal yang harus dilakukan dengan profesional,” tegasnya. Sementara Gawat Sudarmanto masih belum berhasil dikonfirmasi Memo Timur terkait hal ini. (fit)