Gerak Jalan Candil, Jalur Kendaraan Besar dan Roda Empat akan Dialihkan

Lumajang, Motim - Gerak Jalan Tradisional Candipuro–Lumajang (Candil) tahun ini akan digelar Sabtu (29/12). Selama kegiatan berlangsung ada pengalihan jalur bagi kendaraan besar dan roda empat. Jadi jalan provinsi dikhususkan bagi peserta Candil.
Gerak Jalan Candil tahin sebelumnya
Gerak Jalan Candil tahin sebelumnya
Informasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Lumajang, ada jalur alternatif yang akan ditawarkan bagi pengendara roda empat maupun kendaraan besar seperti truk pasir. Yakni dari Tugu Candipuro, belok ke timur dan nantinya tembus di Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro.

Pengalihan jalur dilakukan, agar lalu lintas bisa tetap berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, keamanan bagi peserta juga bisa lebih terjamin. Karena jika kendaraan roda empat dan besar tetap melintas, tentunya bisa mengganggu dan membahayakan.

“Jadi sejak sebelum dimulai, sudah kita lakukan pengalihan jalur itu,” kata Kepala Dishub Lumajang, Sugeng Prioyono.

Pihaknya juga sudah mendapatkan izin dari provinsi terkait pengalihan jalur tersebut. Rambu-rambu di sana juga akan disiapkan. Agar pengendara tidak kebingungan dengan pengalihan jalur tersebut.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan pihak dari kepolisian,” ucapnya.

Lanjutnya, khusus bagi kendaraan roda dua, masih diperbolehkan melintas jalur Gerak Jalan Candil. Karena tidak mungkin menimbulkan kemacetan di sana. “Kalau untuk roda dua masih dibolehkan. Karena tidak akan terhambat,” jelasnya.

Ia berharap, pelaksanaan Gerak Candil yang ke-8 ini bisa berjalan dengan sukses. Karena merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Lumajang ke-763. Ada ribuan peserta yang bakal berpartisipasi dalam kegiatan ini. (fit)