Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

umajang, Motim - Kapolres AKBP DR. Muhamad Arsal Sahban SH., SIK., MM., MH, menyebut masalah pencurian sapi yang marak di Lumajang, karena sudah terstruktur dan sudah menjadi budaya. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu permasalahan pokok yang akan dia selesaikan.

Kapolres melakukan pemetaan permasalahan pencurian sapi
Kapolres melakukan pemetaan permasalahan pencurian sapi
“Setelah Saya analisa, pencurian sapi ini terstruktur. Bahkan sudah menjadi budaya, sehingga seperti menjadi masalah biasa,” katanya pada Memo Timur.

Sebelum Ia tiba di Lumajang, permasalahan ini sudah didengarnya. Sebagai langkah awal mengatasinya, kapolres sudah turun langsung dan melakukan komunikasi dengan masyarakat dan jajaran polsek, khususnya yang ada di wilayah Lumajang utara.

“Karena kerawanan Saya lihat ada di sana. Di Kecamatan Klakah, Ranuyoso, Randuagung, dan Kedungjajang,” tegasnya.

Komunikasi ini untuk memetakan permasalahan tersebut. Hasilnya, menurut kapolres ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. “Faktornya bisa ekonomi, karena mata pencaharian tidak ada, sehingga cara pintas dilakukan seperti ini,” ujar dia.

Dimana saja titik-titik Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang kerap terjadi pun juga sudah dipetakan. Termasuk kelompok-kelompok pelakunya juga. “Sehingga kita lakukan tindakan kepolisian di sana,” kata kapolres.

Lanjutnya, ketika pencurian hewan ini sudah seperti budaya yang turun-menurun, Ia pun secara serius mulai mengantisipasinya. “Sering kita sosialisasikan pada masyarakat jika itu salah,” ujar AKBP Arsal.

Selain itu, bersama dengan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML juga akan konsen terkait masalah ini. Ada sejumlah rencana kerjasama antara Pemkab dan Polres untuk mengatasinya secara bersama-sama.

“Kita akan lakukan pilot project pemasangan cctv, atau pemasangan portal di sana. Itu program yang akan kita laksanakan,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: