Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang sudah mulai melakukan persiapan untuk perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilhan Umum (Pemilu) 2019. Pemetaan sudah mulai dilakukan saat ini di tingkatan desa.

Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah
Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah
Karena kebutuhan anggota KPPS yang begitu besar. Tiap KPPS butuh 7 orang anggota. Di Lumajang ada 3.281 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sehingga totalnya mencapai 22.967 orang.

KPU menargetkan, satu bulan sebelum hari pencoblosan atau 17 April 2019, Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah menyelesaikan proses seleksi anggota KPPS. Karena dalam waktu kurun satu bulan, ada pembekalan bagi anggota KPPS sebelum menjalankan tugasnya.

“Memang kerjanya satu hari, namun ada persiapan-persiapan sebelumnya. Akan ada bimbingan terlebih dulu pada mereka. Bisa lewat PPS atau PPK. Atau dari KPU langsung,” kata Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah pada wartawan.

Untuk proses perekrutan memang akan ditangani langsung oleh masing-masing PPS. Tidak ada tes tulis bagi calon anggota KPPS. “Namun kawan-kawan PPS yang akan melakukan tes wawancara bagi calon anggota,” jelasnya.

Lanjut Mudawiyah, tidak ada syarat-syarat khusus yang dijelaskan dalam perekrutan anggota KPPS. Namun secara garis besar, ada dua syarat penting bagi calon anggota. “Minimal mereka berusia 17 tahun dan bukan dari tim partai politik atau tim pemenangan,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: