Lumajang Raih Penghargaan Nasional atas Peningkatan Pelayanan

Lumajang, Motim - Hampir di penghujung tahun, Pemerintah Kabupaten Lumajang kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak).
Wabup Indah menerima pengahrgaan
Wabup Indah menerima pengahrgaan
Penghargaan ini diberikan atas dukungan untuk peningkatan pelayanan dasar dan ekonomi lokal yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati di Shangri-La Hotel Jakarta, Senin (10/12).

Indah mengaku bersyukur atas diberikannya penghargaan tersebut. Menurutnya penghargaan tersebut suatu kebanggaan bagi Pemkab Lumajang atas dukungannya dalam memberikan pelayanan publik prima dan pemberdayaan ekonomi pedesaan.

"Pemkab Lumajang bekerja sama dengan Kompak untuk beberapa program, meliputi kerjasama penanggulangan kemiskinan, ekonomi kreatif dan pelayanan publik," jelasnya.

Lanjutnya, Ia akan menjalin kerjasama pendampingan bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Melalui pendampingan tersebut, Bunda Indah berharap percepatan pertumbuhan ekonomi di pedesaan dapat dicapai.

"Ia berharap Kompak bisa mendampingi Pemerintah Desa untuk mengaktifkan Bumdes yang itu sesuai dengan potensi yg ada di desa masing-masing,” jelasnya.

Tentunya pendampingan ini tidak berbiaya, karena Pemerintah Australia melalui Kompak yang akan membiayai. Pemdes akan mendapatkan pendampingan serta ilmu bagaimana mengelola Bumdes dengan profesional, inovatif dan kreatif.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli desa dan pendapatan masyarakat," ungkapnya. (fit)