Masyarakat Kecam jika Agama Dijadikan Alat Politik

Lumajang, Motim - Puluhan orang yang mengatas namakan Forum Masyarakat Lumajang Cinta NKRI melakukan aksi damai yang berpusat di Bundaran Adipura Lumajang, Rabu (12/12). Ada sejumlah hal yang mereka suarakan pada kesempatan itu.
Forum Masyarakat Lumajang Cinta NKRI
Forum Masyarakat Lumajang Cinta NKRI
Diantaranya mereka mengecam keras adanya oknum-oknum yang melakukan penghinaan simbol negara. Mereka juga mengecam jika agama dijadikan alat politik. Karena, diakui apa tidak, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) ada kelompok atau golongan tertentu yang sengaja mengambil isu agama untuk kepentingan politik praktis.

Hal itu harus mereka suarakan, karena sangat menjadi pemantik adanya konflik. Jika sampai terjadi, tentunya membuat perpecahan pada masyarakat. “Jika sampai agama itu dibenturkan, itu bahaya dan berdampak pada stabilitas NKRI,” kata Koordinator Aksi, Dwi Wismo.

Dwi menambahkan, konflik yang ada bisa terjadi secara vertikal maupun horisontal. Ia juga berharap pada pihak kepolisian jika ada kasus pelanggaran yang membawa nama agama juga perlu diproses secara hukum yang berlaku.

Karena saat ini, ada oknum yang bersembunyi di balik atribut agama untuk melakukan pelanggaran hukum. “Jadi jangan sampai terpengaruh dengan atribut agama,” ujar Dwis Wismo. (fit)