Oknum Guru Nyaru jadi Petugas PT. KAI Gadungan

Lumajang, Motim - Seorang petugas PT. KAI Daops IX Jember gadungan ditangkap di Stasiun Klakah, Senin (10/12) pagi. Abdul Salam (29), warga Desa Sukosari, Kecamatan Kunir nekat menjadi petugas KAI gadungan, hanya karena ingin diakui oleh orang-orang terdekatnya. Apalagi sudah dua kali mengikuti tes di PT. KAI namun gagal.
Pelaku dan barang bukti saat diamankan polisi
Pelaku dan barang bukti saat diamankan polisi
“Dia pernah mengikuti tes dua kali gagal. ID Card buat sendiri, lihat di youtube. Hanya ingin diakui sebagai petugas PT. KAI,” kata Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran, SH., M.Hum pada Memo Timur.

Saat ditangkap, Ia pun dengan pakaian lengkap beserta kartu identitas yang sangat mirip dengan aslinya. Bahkan sebelum ditangkap, Ia sudah beberapa kali berhasil mengelabuhi petugas asli saat beraksi di sejumlah stasiun.

Aksi pelaku yang juga berprofesi sebagai guru ini, terhenti usai petugas di Stasiun Klakah mencurigai keberadaannya. Sebelumnya Ia naik Kereta Api Logawa dari Stasiun Jatiroto secara gratis karena memang disangka sebagai petugas KAI.

“Namun saat di Stasiun Klakah, petugas dari PT. KAI melakukan pemeriksaan kepadanya dan diketahui yang bersangkutan mengaku dirinya adalah pegawai PT. KAI gadungan,” jelasnya.

Setelah diketahui gadungan, petugas Stasiun Klakah melapor pada Polres Lumajang. Pihak kepolisian pun langsung menuju ke lokasi kejadian untuk menindak lanjuti. Atas aksinya ini, pelaku diancam Pasal 263 KUHP dan Pasal 378 KUHP.

“Pelaku dincaman pidana penjara paling lama 6 tahun. Sekarang sudah kami tahan di Rutan Polres Lumajang,” ujar AKP Hasran. Sementara kerugian yang dialami PT. KAI sebesar Rp 74 ribu sesuai dengan harga tiket yang seharusnya dibayar oleh pelaku.

Dari pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa pakaian seragam PT. KAI atribut lengkap, topi warna putih, logo PT. KAI, peluit, tanda pengenal kecakapan yang dikeluarkan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan RI, KTP, 2 SIM, jepitan dasi berlogo PT. KAI, dan 7 kartu tanda pengenal PT. KAI DAOP IX Jember.(cho/fit)