Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang membidik kalangan pelajar yang sekaligus sebagian besar diataranya akan menjadi pemilih pemula pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Sosialisasi dilakukan KPU ke sekolah-sekolah. Agar para pelajar yang memiliki hak pilih tidak menjadi golongan putih (golput).

KPU Sosialisasi di Sekolah
KPU Sosialisasi di Sekolah
“Kita punya program namanya KPU Goes To School, dimana kita mempunyai tanggungjawab untuk memberikan pendidikan pada pemilih pemula, khususnya 17 tahun keatas,” kata Muhammad Ridhol Mujib, salahsatu Komisioner KPU Lumajang pada Memo Timur, Senin (10/12).

Selain mereka harus menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 nanti, KPU juga ingin para pelajar menjadi tauladan di sekitarnya. Dengan mengajak keluarga dan temannya untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti.

“Kita berharap mereka menjadi pemilih cerdas. Bisa mengajak keluarganya pada 17 April nanti. Ajak temannya untuk menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Sekolah yang sudah diatangi KPU untuk melakukan sosialisasi diantaranya di SMK PGRI Lumajang, MA Miftahul Ulum, dan SMKN Tempursari. Dalam kesempatan itu, KPU juga meminta para pelajar untuk mengecek apakah mereka sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Bisa mengecek di KPU.go.id atau menginstal di playstore. Nama aplikasinya KPU RI Pemilu 2019. Jadi mereka bisa mengecek,” jelasnya.

Tak hanya itu, KPU menjelaskan jenis-jenis surat suara saat mencoblos nantinya. Karena ada 5 jenis surat suara berbeda yang juga ditandai dengan warna berbeda. Diantaranya surat suara untuk Pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Jatim, dan DPRD Kota/Kabupaten. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: