Pemkab Kerjasama dengan Telkom Kembangkan Smart City

Pemkab Mou dengan Telkom. (*)
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia untuk mengembangkan Konsep Smart City. Wakil Ir. Indah Amperawati, M.Si sudah menandatangi MoU dengan pihak Telkom, di Kantor Bupati Lumajang, Jum'at siang (14/12). 

Dalam kesempatan itu Indah mangatakan, bahwa saat ini Lumajang sudah waktunya menjadi Smart City. "Ini tidak sekadar MoU. Saya dan Pak Bupati sudah sering mengatakan, bahwa Lumajang sudah waktunya untuk menjadi Smart City. Smart atau cerdas, tidak hanya teknologi saja, tapi orangnya juga harus smart, " ungkapnya.

Salahsatu wujud Smart City saat ini dengan digunakan aplikasi Siperlu untuk presensi ASN. Wabup menegaskan ini merupakan pemanfaatan teknologi informasi untuk mengatasi masalah yang sebelumnya ditemukan.

Meskipun demikian, masih banyak yang perlu diperbaiki dalam aplikasi Siperlu tersebut. Wabup menginginkan adanya alternatif lain, dengan sistem deteksi wajah atau sidik jari pada sistem presensi untuk hasil yang lebih maksimal.

"Saya ingin presensi menggunakan sidik jari atau scan wajah. Saya bekepentingan betul terhadap hal ini. Menurutnya, waktu adalah tolak ukur dari kedisiplinan. Kalau ini bisa dilaksanakan tahun depan maka saya senang sekali," ujarnya.

Penggunaan teknologi informatika lainnya yang juga akan dimanfaatkan adalah pengelolaaan E-Office, untuk pajak pasir dan sistem keamanan. "Saya berharap pada smart city ini pajak pasir bisa kita kelola dengan baik. Kita tidak mentoleransi adanya kebocoran pada pajak pasir," pungkasnya. (*/fit)