Pengalihan Jalur Truk Pasir Mulai Dilakukan

Lumajang, Motim - Pengalihan jalur truk pasir mulai dilakukan. Ini merupakan buntut penutupan akses truk pasir oleh warga di sejumlah ruas jalan desa. Kini, truk pasir yang biasanya melintas di Dusun Kedung Pakis Desa/Kecamatan Pasirian dialihkan ke Jalan Lintas Selatan (JLS).
Pengalihan jalur angkutan tambang
Pengalihan jalur angkutan tambang
Terlihat Selasa (11/12) pagi, petugas gabungan baik itu dari Dinas Perhubungan dan Polres Lumajang berada di lokasi pengalihan jalur. Untuk memberikan lalu lintas dan sosialisasi langsung pada sopir truk yang melintas.

“Jadi ini hasil rapat pengusaha tambang dengan bupati dan instansi terkait,” ucap Kepala Dinas Perhubungan, Sugeng Priyono, S.Sos, MM pada wartawan.

Ia menjelaskan, angkutan tambang yang kosong masih boleh masuk lewat Kedung Pakis. Namun setelah terisi, keluarnya harus lewat JLS. “Kita sosialisasi dulu, kita tempatkan rambu penunjuk arah. Kita tempatkan personil juga,” lanjutnya.

Sugeng Priyono berharap pengalihan jalur berdasarkan keputusan rapat bisa dipatuhi oleh para sopir. Pihak Polsek dan Pemdes setempat juga akan terus bersinergi untuk memantu pengalihan jalur ini.

“Jika ada yang melanggar, tindakan yang dilakukan itu terpadu. Kita lakukan terus,” pungkasnya. (fit)